Rabu, 13 April 2011

Biografi Shaikhul Hadits Muhammad Zakariyya Kandhlawi

Biografi Shaikhul Hadits Muhammad Zakariyya Kandhlawi Pada abad lalu,tidak diragukan lagi India menjadi pusat terpenting dalam ilmu hadits dan ulama - ulama India telah menjadi masyhur dalam kesemangatan ilmu agama. Pada merekalah berakhirnya era penguasaan pengajaran hadits,kodipikasi hadits dan syarah terhadap matan - matan hadits.

Demikianlah kemampuan mereka dalam masalah ilmu ini yang mana Muhammad Rashid Rida menyebutkan dalam muqaddimah kitab beliau Miftah Kunuz Al Sunnah," Kalau seandainya bukan karena perhatian yang besar yang secara detil dalam ilmu hadits yang dipertunjukan oleh ulama kita - para ulama India saat ini - ilmu ini akan sudah lapuk/lenyap di kota timur.

Dan sungguh,penguasaan ilmu ini telah dilemahkan di Mesir dan Syria sejak abad ke 10 H. Tidak diragukan lagi bahwa Shaikh Muhammad Zakariyya termasuk ulama hadits yang sangat masyhur di India dan punya pengaruh besar dalam jasa As sunnah. Beliau diberi gelar terhormat Shaikhul Hadits ( Ulama Besar Hadits ) oleh guru beliau,Shaikh Khalil Ahmad Saharanpuri,yang menyadari kedalaman wawasan,kebersihan pandangan beliau,ilmu hadits yang luas dan yang berthubungan dengan ilmu pengetahuan.

Silsilah dan Pendidikan Beliau lahir di desa Kandhla (di Uttar Pradesh,India)10 Ramadhan 1315 H(12 Februari 1898). Nama lengkap beliau ialah Muhammad Zakariyya bin Muhammad Yahya bin Muhammad Ismail dan silsilah beliau terus sampai kepada Abu Bakar r.a. sahabat terbesar Rasul saw. Shaikh Abu Hasan Nadwi mengatakan tentang beliau,"Shaikh Muhammad Zakariyya dilahirkan dalam keluarga yg cinta pada ilmu dan semangat dalam beragama.

Keluarga dekat beliau dan leluhur beliau terkenal dengan hati yang benar - benar teguh dan istiqamah,tekun,tabah dan taat pada agama.... Keluarga beliau termasuk tokoh - tokoh ulama terkenal...... Dan nenek beliau menghafal seluruh Al Quran ketika mengandung anak beliau (Ayah Shaikh Zakariyya)." Ayah beliau,Shaikh Muhammad Yahya termasuk ulama besar india,yang mana guru utama hadits beliau adalah Shaikh Rashid Ahmad Gangohi. Dibawah asuhan beliaulah,Maulana Zakariyya belajar Sahih Bukhari,Jamiut Tarmizi dan selain kutubussittah. Shaikh Yahya pergi mengajar di Madrasah Mazahir Ulum,di daerah saharanpur,tetapi beliau tidak mau menerima upah/gaji dari pengorbanan beliau itu.Beliau mendapatkan hasil kehidupan lewat usaha percetakan buku sendiri. Ketika masih muda,Shaikh Zakariyya berpindah dengan ayahnya ke desa Gangoh,satu daerah di saharanpur. Semenjak itulah ayah beliau dan Shaikh Gangohi mempunyai hubungan yang dekat,Shaikh Zakariyya dengan cepat mendapat pengaruh dari guru ayah beliau itu. Pada pertumbuhan di lingkungan yang saleh inilah,beliau mulai belajar bagaimana cara membaca yaitu dengan Hakim Abdurrahman Muzaffarnagar.

Beliau menghafal Quran dengan ayah beliau dan juga belajar kitab - kitab parsi serta bahasa Arab dengan paman beliau Shaikh Muhammad Ilyas (pendiri Jamaah Tabligh). Beliau tinggal dengan ayah beliau sambil menemani Shaikh Gangohi sampai usia 8 th,pada saat wafatnya shaikh. Pada usia 12 th,Shaikh Zakariyya berangkat ke Mazahir Ulum bersama ayah beliau,disana dibawah asuhan ayah beliau,beliau meningkatkan pelajaran bahasa Arab,kosa kata klasik,tata bahasa,sastra dan juga mantik. Tapi pada usia 17 tahun,hadits telah menjadi pelajaran kesukaan dalam hidup beliau. Beliau belajar 5 kitab dari kutubussittah dg bapak beliau dan kemudian belajar Shahih Bukhari dan Sunan Tarmizi yang kedua kalinya dengan Shaikh yg mulia Khalil Ahmad Saharanpuri. Perhatian beliau sangat besar kepada hadits,sehingga Shaikh Zakariyya sangat memperhatikan wudu ketika belajar dan mengajarkan hadits. Tanggal 10 Dzulqaidah 1334H,bapak beliau yg tercinta meninggal dunia saat beliau berumur 19 tahun.

Peristiwa ini sangat menekan perasaan Shaikh Sakariyya,tidak hanya kehilangan ayah tapi juga seorang penasihat. Duka cita yang dalam ini terus menerus bersama sisa-sisa hidup beliau. Guru Shaikh Zakariyya telah diberkahi untuk hidup dan belajar dalam sebuah era yang telah dipertimbangkan pada satu kesuksesan yang besar dalam ilmu Islam oleh ulama - ulama dari pelusuk India. Beliau belajar dengan sedikit guru tapi pada guru yang benar - benar terpilih yang mencapai tingkat tertinggi dalam masalah pelajaran,penilitian,pengarangan dan keshalihan. Selain belajar kepada bapak beliau(Shaikh Yahya) dan paman beliau(Shaikh Ilyas),beliau juga belajar dengan ulama hadits Khalil Ahmad Saharanpuri,pengarang Badhlul Majhud,syarah Sunan Abu Daud. Shaikh Zakariyya mendalami sanad/hak hadits dari beliau dan tetap menjadi murid beliau sampai Shaikh Khalil meninggal di Madinah Munawwarah 1346 H. Sebelum wafat,Shaikh Ahmad mengutarakan impian beliau untuk menulis Badlul Majhud,dan beliau meminta Shaikh Zakariyya menjadi asisten atau tangan kanan beliau.

Pengalaman ini menambah/membuka bakat tulis menulis dan selanjutnya mengembangkan wawasan ilmu hadits beliau. Beliau bekerja keras pada tugas ini,untuk mencapai kesenangan dan kepercayaan Shaikh dan bahkan disebutkan nama pensyarahnya. Sungguh ini membuka pintu bagi Shaikh Zakariyya untuk menulis banyak tugas kesusteraan dan risalah bagian/dari hidup beliau. Tugas mengajar Pada Muharram 1335H,beliau diangkat sebagai ustaz di Madrasah Mazahir Ulum,dimana beliau diserahi untuk mengajar nahwu sharaf,mufradat dan sastra,juga sejumlah naskah - naskah hukum Islam. Tahun 1341 H beliau diserahi untuk mengajar tiga bagian Sahih Bukhari sebagai asisten Shaikh Khalil Ahmad. Beliau juga mengajar Mishkat Mashabih hingga tahun 1344 H.

Shaikh Abu Hasan Nadwi mengatakan,"walaupun beliau seorang guru yang paling muda di Madrasah itu,tapi beliau dipilih untuk mengajar tugas yang umumnya tidak diberikan pada orang seumur beliau atau tidak juga pada siapapun dalam tingkatan muda pada tugas mengajar beliau. Meskipun demikian,beliau menunjukkan bahwa beliau bukan hanya pandai tetapi seorang guru luar biasa". Tahun 1345 H.beliau berangkat ke Madianah Munawwarah,kotanya Rasul saw,disana beliau bermukim selama setahun. Disana beliau mengajarkan Sunan Abi Daud di Madrasah Al Ulum Al Shariyya. Ketika di madinah,beliau mulai mengerjakan Awjaz Al Masalik - Syarah Al Muwatta Imam Malik. Pada waktu itu beliau berumur 29 tahun. Ketika beliau kembali ke India,beliau mulai mengajar lagi di Mazahir Ulum. Beliau mulai mengajar Sunan Abi Daud,Sunan Nasai,Muwatta Imam Muhammad,separu dari bagian kedua Sahih Bukhari. Pendiri madrasah mengajarkan setengah dari bagian pertama Sahih Bukhari dan setelah wafatnya,Shaikh Zakariyya diberi tugas mengajarkan seluruhnya. Beliau mengajar separu bagian pertama Sahih Bukhari 25 kali,khatam 16 kali dan Sunan Abi Daud 30 kali.

Beliau tidak hanya mengajar hadits sebagai kegiatan rutin beliau,tetapi ahli hadits telah menjadi hasrat beliau dan beliau telah menempatkan hati dan jiwa kepadanya. Shaikh Zakariyya mengajar sampai tahun 1388 H,ketika beliau ditekan berhenti mengajar setelah terkena katarak. Berangkat ke Harmain Allah swt merahmati beliau dengan adanya kesempatan berziarah ke kota Makkah dan Madinah. Beliau melaksanakan haji beberapa kali dan perjalanan yang sering itu menjadikan pengaruh yang besar pada diri beliau baik secara agama atau pendidikan. Beliau mengadakan perjalanan yang berkah dengan Shaikh Ahmad tahun 1338 H dan dengan beliau lagi tahun 1344 H.

Selama perjalanan kedua itu Shaikh Khalil menyelesaikan Badhlul Majhud,beliau meninggal tak lama setelah itu dan dimakamkan di Baqi pekuburan di Madinah. Semoga Allah merahmati beliau dan menyinari kubur beliau. Cinta yang tulus karena Allah dan Rasul-Nya Shaikh Zakariyya mewarisi sifat ketakwaan,kelembutan dan akhlak yang baik dari ayahnya rah.a. Beliau bercita cita mengamalkan Al quran dan Hadits dalam semua aspek kehidupan,besar atau kecil,sebuah hasrat yg jarang ditemukan pada ulama lain. Beliau sangat mencintai Rasul saw dan kota madinah yang suci. Santri beliau menceritakan kapanpun cerita wafatnya Rasul saw diceritakan dalam pelajaran kitab sunan Abu Daud dan Sahih Bukhari,iar mata beliau akan mengalir,suara pun akan terisak,beliaupun akan menangis. Sehingga keadaan seperti ini membuat murid beliau ikut menangis juga. Beliau sering dicoba dengan gaji untuk keikhlasan beliau. Beliau ditawari banyak kegiatan mengajar di Mazahir Ulum tetapi beliau selalu menolak tawaran itu dengan ramah. Demi tugas mengajar,Shaikh Zakariyya tidak pernah menerima sesen pun uang atas jerih payah beliau di Mazahir Ulum,beliau melaksanakan tugas itu dengan sukarela,mengharapkan ridha Allah swt. Walaupun dulunya beliau menerima gaji pada awal mengajar,tetapi semua jumlah itu beliau kembalikan selurunya.

Keluarga Shaikh Zakariyya menikah dua kali. Pertama dengan putri Shaikh Rauf Hasan di Kandhla. Dan istri beliaupun meninggal 5 Dzulhijjah 1355 H. Kemudian beliau menikah dengan putri Shaikh Muhammad Ilyas Kandhlawi tahun 1356 H. Allah mengaruniai mereka lima putri dan tiga putra dari istri pertama dan dua putri - satu putra dari istri kedua. Kegiatan Harian Shaikh Zakariyya mengatur waktu beliau dengan penuh cermat. Beliau akan bangun satu jam sebelum fajar dan akan menyibukkan diri dengan tahajud dan bacaan Al quran sebelum melaksanakan salat subuh di masjid.

Setelah itu,beliau akan membaca doa dan wirid pagi sampai matahari terbit. Setelah itu beliau akan menemui orang-orang dan minum teh ( beliau tidak makan sesuatu selain itu). Kemudian beliau kembali kekamar beliau untuk membaca. Selama waktu ini beliau juga meneliti dan mengumpulkan literatur dan ada sedikit waktu,dimana seseorang tidak diizinkan menemui beliau. Bila tiba waktu makan siang,beliau akan keluar dan duduk dengan tamu-tamu yang datang,beliau akan menghormati dan memperhatikan mereka dengan baik,tidak peduli dari mana mereka. Setelah salat zuhur,beliau akan (siesta)......dan kemudian beliau akan mendengarkan bacaan surat yang datang sekitar 40 atau 50 surat yang datang setiap harinya dari berbagai tempat dan mendiktekan jawabannya. Beliau juga mengajar selama 2 jam sebelum asar. Setelah Asar,beliau akan duduk dengan para jamaah,menawari mereka teh. Setelah salat maghrib,beliau akan tetap khusuk dikesendirian untuk salat sunat dan doa. Beliau tidak makan malam kecuali hanya karena menjamu tamu-tamu yang penting. Kepribadian Shaikh Abu Hasan Ali Nadwi mengatakan tentang sifat beliau, "Beliau adalah sangat bersemangat,tidak pernah malas,hati bercahaya,mudah tersenyum,periang,ramah,beliau sering berlucu dengan teman dekat dan kenalan.

Kami melihat sifat yang baik pada diri beliau dan sabar dengan orang lain,seperti sebuah kerendahan hati yang jarang dan karena ini,kualitas pribadi beliau adalah selalu dipengaruhi oleh iman yang dalam dan perasaan dari kebersihan hati. Wafat Beliau selalu mengharap bertemu Allah swt ketika berada di kota Madinah,Allah swt pun menjamin harapan beliau. Beliau meninggal disana hari senin 1 syakban 1402 H/24 May 1982 dan dimakamkan di baqi',kumpulan dari para sahabat dan keluarga terhormat Nabi saw. Proses penguburan telah diikuti sejumlah jamaah yang sangat besar dan dikuburkan di pekuburan baqi' sebelah guru beliau Shaikh Ahmad Khalil Saharanpuri. Semoga Allah merahmati beliau dan meninggikan derajat beliau.

Amin. Mereka telah diberi hidayah untuk usaha yang patut dipuji dalam ilmu agama yang beragam,seperti hukum; mereka setingkat dengan ulama dulu dalam masalah ilmu,kecerdasan,ketakwaan,keshalihan; mereka memutar kembali ingatan pada masa keberkahan dan kejayaan ilmu. Diantara para ulama ini ada satu orang yang punya pigur unik diirikan karena kecerdasan ilmu dan amal,pengarang terkemuka,usaha yang bermanfaat dan indah,pensyarah yang hebat: Shaikh Muhammad Zakariyya Kandhlawi Saharanpuri.

Pujian Ulama kepada Beliau Banyak ulama,baik dari Arab atau bukan telah memuji beliau dan menyadari akan ilmu dan kecerdasan beliau. Alamah Muhammad Yusuf Binori mengatakan.sungguh ada beberapa ciri ulama terdahulu yang masih hidup dianatara generasi ulama saat ini. Shaikh Sa'id Ahmad,Rektor Universitas Islam Aligarh,UP,mengatakan jelas bagi seseorang yang ingin mengambil contoh dari tugas beliau bahwa beliau mempunyai kecerdasan dengan ilmu dan dengan menulis,seperti Ibnu Jauzi dan Imam Ghazali. Dari para ulama era ini,saya ketahui tidak ada seorangpun yang mirip dengan beliau dalam kehormatan/pandangan kecuali Imam Abdul Hayy Al Farangi Mahalli Lucknow.

Shaikh Abu Hasan Ali Nadwi menjelaskan bahwa Shaikh Alawi Al Maliki mengatakan,ketika beliau membahas hukum dan keterangan ulama malikyah[ dalam bentuk tulisan],kami orang maliki heran pada kecermatan dan ketulusan pembahasan itu.....Jika pengarang tidak menjelaskan dimuqaddimah bahwa beliau orang hanafi,maka saya tidak tahu kalau beliau orang hanafi tetapi sudah disimpulkan dengan jelas bahwa beliau seorang malikiyah,semenjak dalam Awjaz beliau menyebutkan hukum-hukum dan karangan otentik malikiyah dari kitab-kitab yang bahkan kita susah untuk mendapatkannya. Santri santri Beliau Shaikh Zakariyya mempunyai santri yang banyak yang tersebar di dunia dan terus sampai hari ini memperjuangkan Islam,khsusnya mendirikan pondok di India,Pakistan,Bangladesh,Inggris,Canada,Amerika,Afrika Selatan,Zambia,Zimbabwe dan negara lainnya. Diantara santri beliau yang terkemuka dalam bidang hadith adalah Muhadits Muhammad Yusuf Kandhlawi (w 1384 H),pengarang Amanil Ahbar syarah Ma'anil Atsar,Shaikh Abdul Jabbar A'zami,pengarang Imdad Al Bari (syarah Bukhari bahasa Urdu) dan Mufti Mahmud Hasan Gangohi (w 1417 H).

Masih banyak ulama dan santri lain juga mendalami karangan hadits dari beliau,termasuk Dr. Mustafa Al Siba'i,Shaikh Abdul Fattah Abu Ghudda,Dr.Muhammad Alawi Al Maliki Dan Shaikh Muhammad Taha Al Barakati. Mengarang Shaikh Zakariyya banyak menulis karya dalam bahasa arab dan urdu. Karangan itu mencakup permasalahan khusus yang diperuntukkan bagi para ulama dan yang lainnya ditulis untuk masyarakat umum. Karya tulis itu mempertunjukkan kedalama ilmu dan kecerdasan beliau,kemampuan untuk memahami permasalahan,menelitinya dengan sempurna dan menghadirkannya dengan komplet,jelas,pembahsannya lengkap,kesederhanaan,ketawadhuan,kesabaran,dan perhatian yang khusuk. Rasa hormat dan berkhidmat untuk orang - orang saleh terdahulu terlihat nampak dalam tugas beliau,bahkan ketika beliau tidak sependapat dengan pendapat mereka pada aspek khusus lainnya. Karya tulis beliau yang pertama adalah tiga jilid syarah Alfiyya ibn Malik ( tata bahasa Arab),yang beliau tulis ketika masih menjadi santri pada umur 13 tahun. Tulisan beliau dipublikasikan lebih dari seratus. Beliau tidak memotong hak atas usaha beliau dan membuatnya terkenal secara umum tetapi beliau mempublikasikannya semata mata karena Allah swt. Siapa saja diizinkan untuk mempublikasikannya, pada kondisi yang mana mereka tidak dibiarkan merubah dan keasliannya tetap terpelihara. Sehingga,kitab-kitab beliau telah mendapat sambutan diseluruh dunia,begitu banyak seperti Fadhilah Quran diterjemahkan kesebelas bahasa,Fadhilah Ramadhan 12 bahasa,Fadhilah Salat 15 bahasa.

Beliau menulis 4 tafsir Quran dan tajwid,44 kitab hadits berdasarkan ilmunya,6 kitab fiqih,berdasarkan ilmunya,24 kitab sejarah dan biografi,4 kitab aqidah Islam, 12 kitab tentang zuhud dan riqaq,3 kitab nahwu,mantik dan 6 kitab moderen serta pergerakan kelompok. Diantara Kitab Hadith Karya Beliau Seseorang bisa menemukan daftar yang komplet dan gambaran kitab-kitab beliau dalam biografi yang bermacam-macam ditulis beliau. Ini sebuah gambaran singkat dari karya beliau yang masyhur tentang hadits. Awjaz al Masalik ila Muwatta Imam Malik: satu komentar Kitab Muwatta Imam Malik yang sangat luas dalam istilah ilmu hadits,ilmu hukum,dan kejelasan hadits. Shaikh Zakariyya menjelaskan ringkasan dari berbagai macam komentar dengan jelas,intelektual dan ilmiah,menguraikan berbagai macam pendapat pada setiap permasalahan,menjelaskan perbedaan pendapat diantara para ulama dan membandingkan keterangan mereka. Syarah ini ditulis dengan bahasa Arab,telah mendapat sambutan yang hangat dari sejumlah ulama maliki. Lami' al Dirari 'Ala Jami' al Bukhari,ditulis dengan bahasa Arab,sebuah kumpulan kata-kata dan tinjauan yang menakjubkan pada Sahih Bukhari yang ditulis oleh shaikh Rashid Ahmad Gangohi. Kearifan abadi yang diperoleh telah disimpan oleh murid beliau Shaikh Yahya Kandhlawi selama belajar.

Shaikh Zakariyya memperbaiki,menyusun,dan mengomentari kumpulan ayah beliau itu,menjelaskan teks dan menambahkan muqaddimah yang sangat luas dibagian permulaan kitab. Pembahsan bab awal pada sebuah koleksi hadits ini ada dalam ilmu tersendiri. Al Abwab wal Tarajim lil Bukhari: Sebuah penjelasan bab awal dari Sahih Bukhari. Terkenal di antara para ulama sebagai Al Abwab wal Tarajim ( bab dan terjemah ). Di dalamnya penyusun menjelaskan alasan - alasan untuk bab awal dan hubungan antara bab awal itu dengan hadits - hadits yang dikutip di dalamnya.

Dikenal dengan baik bahwa pensyarah Sahih Bukhari telah memberikan satu perhatian yang khusus pada judul itu,dalam bahasa Arab disebut: Fiqhul Bukhari fi Tarajimihi. Shaikh Zakariyya tidak hanya mengutip dan menulis apa telah disebutkan oleh ulama lain seperti Shah Wali Al Dehlawi dan Ibnu Hajar Al Asqalani,tapi juga menghubungkan dan mengaitkan dengan pendapat mereka ini dan menghadirkan penemuan dari pendapat beliau dalam banyak hal. Juz Hajjat al Wida' wal 'Umrat al Nabi : Sebuah pembahasan yang luas yang menyangkut tentang masalah Haji Rasulullah saw.

Ini mengayngkut pembahasan hukum yang detil pada permasalahan ibadah haji yang bermacam - macam,mengadakan lokasi,nama - nama hari yang modern dan tempat - tempat detil lainnya yang dilalui atau ditempati oleh Nabi saw. Khasa’il Nabawi Syarh Shama’il al-Tirmizi: Disusun dalam bahasa Urdu,sebuah syarah dari karangan Imam Tarmizi yang terkenal Al Shamail Al Muhammadiyya,kumpulan hadits yang menerangkan tentang sifat - sifat kepribadian Nabi saw. Syarah ini menjelaskan tentang berbagai aspek pada sifat dan amaliah Rasulullah saw yang bermacam - macam. Syarah ini diterjemahkan ke bahasa Inggris dan tersedia dimana - mana.

2 komentar:

  1. ketika sadar belajar speaking sungguh terasa kelancaranku berbicara dengan lancar.

    BalasHapus
  2. cerita kisah para msyaikh sangat memberikan kita pelajaran yg baik.

    BalasHapus